Manfaat Biji Kelor untuk Menghilangkan Keriput pada Wajah


Biji kelor adalah salah satu bagian dari tanaman kelor yang fungsi utamanya sebagai benih untuk pembibitan. Selain menjadi benih, biji kelor juga dapat dimanfaatkan sebagai obat herbal untuk menghilangkan keriput pada wajah.


Keriput wajah adalah lipatan, garis, atau kerutan yang muncul pada wajah yang merupakan tanda dari proses penuaan.  Penyebab keriput pada wajah diantaranya yaitu:


1. Faktor Usia

Tidak dapat dipungkiri, faktor utama yang menyebabkan keriput pada wajah yaitu usia. Semua orang hampir tidak bisa menghindari jika semakin tua, maka keriput pada wajah akan semakin banyak. Hal ini disebabkan oleh hilangnya elastisitas secara alami, dan menurunnya produksi minyak pada wajah yang menyebabkan kulit wajah mengering menjadi keriput,

Faktor lemak pada lapisan bawah kulit yang menghilang menyebabkan kulit terlihat kendur dan garis-garis halus pada wajah semakin terlihat.

2. Terlalu Banyak Makan Makanan yang Manis

Makan makanan manis menjadi salah satu faktor yang mengakibatkan wajah Anda keriput,
Ini terjadi karena proses glikasi yaitu kanduigan molekul gula terikat pada jaringan kulit yang menyebabkan rusaknya kolagen serta elastin pada wajah, sehingga wajah menjadi keriput.

Untuk itu, salah satu cara mencegahnya, hindari makan makanan yang manis yang berlebihan.

3. Tidak Menggunakan Tabir Surya

Indonesia adalah negara tropis, dimana setiap hari wajah akan terkena sinar matahari. Penggunaan tabir surya merupakan tips untuk menghindari keriput pada wajah, karena berdasarkan hasil penelitian wajah yang sering terkena sinar matahari pada siang hari lebih banyak memiliki kerut pada wajah

4. Sering menggunakan Smartphone

Di Era digital ini, hampir setiap orang dewasa memiliki yang namanya smartphone. Untuk menghindari keriput pada wajah, salah satunya Anda dapat mengurangi aktivitas penggunaan smartphone. Hal ini dikarenakan biasanya orang ketika menggunakan smartphone, wajah dan leher akan tertekuk dalam sudut pandang tertentu dan itu dilakukan dalam waktu yang lama.

Efek inilah yang mengakibabkan keriput pada wajah karena wajah, leher dan mata menjadi pegal dan tegang

5. Warna Kulit

Anda memiliki kulit yang terang?. Berarti anda harus siap siap untuk mencegah keriput wajah sejak dini, Kenapa demikian, karena orang yang memiliki kulit wajah yang terang lebih cepat rapuh terhadap efek sengatan sinar UV daripada orang yang warna kulitnya lebih gelap,. Pigmen melanin kulit wajah terang lebih sedikit daripada orang yang berkulit gelap.

6. Paparan Sinar Matahari

Radiasi pada sinar ultraviolet dapat mempercepat proses keriput pada wajah. Wajah yang sering terkena sinar UV dapat merusak jaringan kulit wajah.

7. Merokok

Merokok juga termasuk salah satu faktor yang menyebabkan keriput pada wajah. Rokok menyebabkan pembuluh darah mengecil atau mengkerut, sehingga akan mempengaruhi kelancaran peredaran darah di kulit, yang akhirnya akan menimbulkan keriput serta garis halus pada kulit.

8. Gerakan Wajah

Gerakan wajah seperti manyun, cemberut atau ekspresi negatif lainnya yang dilakukan berulang ulang akan membentuk garis lurus pada permukaan kulit dan menyebabkan elastisitas kulit pada wajah akan berkurang, maka menjadikan keriput wajah semakin terlihat.

9. Sering Ganti Produk Perawatan Wajah

Sering gonta ganti produk perawatan pada wajah bukan sekedar mitos dapat merusak wajah.
Faktanya, produk perawatan wajah yang ada dipasaran membutuhkan waktu dalam mencapai hasilnya. Jika anda sering mengganti produk, justru dapat menyebabkan keriput pada wajah karena belum masalah belum teratasi secara sempurna oleh produk lama.

10. Perawatan yang Kurang Menyeluruh

Perawatan wajah yang kurang menyeluruh seperti Anda hanya mengandalkan satu krim saja tanpa diikuti kebiasaan hidup yang sehat, pola makan yang teratur dan waktu istirahat yang cukup dapat menyebabkan keriput pada wajah.

11. Radikal Bebas

Radikal bebas adalah molekul oksigen kasar yang kehilangan satu elektron didalamnya. Dalam proses untuk melengkapi bagian yang hilang tersebut, radikal bebas membawa kerusakan pada kolagen dan sel – sel tubuh. Radikal bebas ini dapat terbentuk dari paparan matahari, polusi udara, dan  asap rokok.

12. Jenis Kelamin

Wanita lebih beresiko mengalami keriput dibanding pria. Ini dikarenakan wanita memiliki kelenjar keringat yang lebih sedikit dibandingkan pria.
13. Hormon

Perubahan hormon termasuk salah satu faktot penyebab keriput pada wajah. Terutama wanita saat memasuki masa menopause, produksi estrogen dalam tubuh menurun. kekurangan hormon estrogen dapat menimbulkan penipisan dan kulit yang kendur yang menyebabkan turunnya garis mata dan garis – garis di kulit yang makin dalam.

14. Gizi Buruk

Meskipun Anda sudah menjaga asupan makanan yang bergizi, belum tentu menjamin kuit wajah Anda terhindar dari keriput. Namun meskipun begitu, orang yang tidak menjaga makan makanan yang bergizi akan lebih cepat mengalami keriput.

15. Dehidrasi

Dengan minum air yang cukup, maka Anda akan terhindar dari dehidrasi. Jika orang mengalami dehidrasi maka molekul kolagen dapat pecah dan bertumpuk menyebabkan keriput pada wajah.

16. Mengunyah Permen Karet

Jika anda belum pernah mendengar, mungkin anda akan kaget, kok bisa ya mengunyah permen karet dapat menyebabkan keriput pada wajah. Begini penjelasannya.

Saat mengunyah permen karet mulut akan bergerak terus menerus hingga menjadi bentuk yang berbeda. Untuk orang yang sering mengunyah permen karet, ujung mulut lama kelamaan akan terbentuk menurun begitu pula dengan otot di bawah garis rahang dan menjadi penyebab wajah terlihat tua.

17. Tidur Tengkurap

Penyebab dari tidur tengkurap adalah wajah akan terus menerus menekan bantal. Hal ini menyebabkan garis pada kulit wajah, akhirnya dapat menghasilkan kerutan permanen.

18. Minum Alkohol

Bagi orang yang ingin terhindar dari kerutan di wajah, maka salah satu caranya adalah menghilangkan kebiasaan minum alkohol.

Semua jenis alkohol memberikan dampak kulit menjadi kering. Ini berarti kulit wajah akan kehilangan kekenyalan dan kesegarannya. Lama kelamaan maka mengakibatkan kerutan pada wajah.

19. Tidak Membersihkan Make Up

Kebiasaan tidak membersihkan wajah setelah make up dapat memancing timbulnya keriput. Make up yang belum dibersihkan membawa kotoran yang menempel pada wajah dan akan meresap ke dalam pori – pori, memecah kolagen serta elastin. Hal ini dapat mempercepat proses penuaan dan mengakibatkan keriput pada wajah.

20. Memencet Jerawat

Kebiasan memencet jerawat dapat mengakibatkan iritasi, luka serta keriput pada kulit wajah. Jadi, hentikan kebiasaan itu.

Dari beberapa faktor diatas, mungkin Anda akan sangat sulit untuk menghindarinya, terutama buat kaum wanita. Kerirput pada wajah sering menjadi momok masalah yang harus diminimalisir mengingat usia terus berjalan.

Biji kelor dan keriput wajah


Biji kelor merupakan salah satu dari beberapa herbal yang berkhasiat untuk menghilangkan keriput pada wajah. Khasiat dan manfaat dari biji kelor terbukti ampuh untuk mengatasi penuaan dini. Bahkan . Brand kecantikan, Mustika Ratu pun memanfaatkan biji kelor untuk produk terbarunya yaitu Beauty Queen.

Biji kelor mengandung vitamin A yang membantu untuk menjaga kulit menjadikan antioksidan yang efektif, menghemat sel-sel kulit dari efek berbahaya dari radikal bebas. Kandungan vitamin A dari biji kelor juga membantu pembentukan kolagen dan meningkatkan kekencangan pada kulit.

Minyak yang diekstrak dari biji kelor dapat digunakan sebagai pelembab alami agar kulit wajah semakin sehat dan bercahaya.

Profesor Winarno seorang Ilmuwan dan Teknologi Pangan melakukan penelitian tentang khasiat biji kelor. Hasil dari penelitian tersebut menyatakan bahwa ekstrak biji Moringa atau biji kelor mengandung lebih dari 30 antioksidan, sehingga dapat mempercantik sekaligus membantu merawat keremajaan pada kulit wajah.

Cara konsumsi biji kelor
Ada 3 cara yang dapat dilakukan untuk mengkonsumsi biji kelor yaitu:

1.      Biji kelor direbus seperti kacang polong dan digunakan sebagai lauk untuk makanan apapun.
2.      Anda juga bisa merebus biji kelor selama 15 menit dan saring airnya untuk diminum sebagai teh herbal.
3.      Biji kelor juag bisa dikonsumsi seperti kacang. Caranya, sangrai biji kelor dalam oven (sama seperti memasak popcorn), atau bisa juga menambahkan biji kelor ke dalam campuran granola atau buah kering lainnya.

Bantu share jika bermanfaat

Baca juga: jual daun kelor

Bagikan artikel ke:

Facebook Google+ Twitter